PENGERTIAN PBX
Apa itu PBX ? PBX atau kepanjangan dari private
branch exchange adalah penyedia layanan telepon
yang melayani pertukaran telepon dengan pusat di dalam suatu perusahaan, dan
menjadi penghubung antara telepon dari publik ke telepon perusahaan atau
jaringan telepon dari perusahaan ke jaringan perusahaan lainnya di area yang
lebih luas sehingga dapat tercakup oleh publik. PBX menghubungkan jaringan telepon dengan jaringan
lokal dengan trunk,
Trunk adalah
penghubung jalur komunikasi antara pengirim dengan penerima melalui central
office. Jaringan ini menggabungkan telepon dengan faksimile, modem, dan
lain-lain yang menjadi perpanjangan dari kemampuan PBX sistem melalui trunk.
Awalnya, keuntungan utama dari sistem PBX ini adalah
penghematan biaya pada panggilan di karenakan tidak menggunakan pulsa dan
menghindari tabrakan jaringan telepon internal dalam suatu tempat. Dari sini
PBX mulai dikembangkan dan menjadi populer.
- PROSES KERJA PBX SERVER SOFTSWITCH
Sebuah sistem IP PBX terdiri dari satu atau lebih telepon SIP dan secara opsional VOIP gateway untuk terhubung ke jalur server, klien SIP, baik berupa software. Fungsi IP PBX mirip dengan cara kerja proxy server, Sebuah software contohnya softphone mendaftar ke IP PBX dan ketika mengalami panggilan secara otomatis semua sistem itu akan terhubung pada IP PBX dan IP PBX memiliki daftar semua ponsel sesuai SIP. Mereka dapat berhubungan dengan rute jaringan internal dan menggunakan gateway VoIP.
- PERBEDAAN ANTARA PBX DENGAN PABX
a. PBX
PBX untuk pembai atau pengatur antara bagian
internal dengan external, dan menyediakan panggilan telepon melalui jaringan
data IP, Teknologi ini mencakup fitur-fitur komunikasi canggih, tetapi juga
memberikan keleluasaan dalam pengembangan (expansi) dan keawetan yang
diinginkan semua perusahaan.
Perusahaan tidak perlu mengganggu/mengubah
infrastruktur komunikasi eksternal yang ada: Sebuah IP PBX dapat terhubung ke
jalur PSTN tradisional melalui gateway VOIP – sehingga perusahaan dapat tetap
menggunakan nomor telepon reguler
b. PABX
Perangkat PABX ini yang
mengatur panggilan yang masuk serta meneruskan panggilan ke nomor tujuannya,
sehingga pengguna dapat dengan mudah melakukan penggilan ke nomer tujuan, cukup
dengan menekan nomor tujuan nya (nomor extension atau nomer rumah).
Sistem PABX memiliki beberapa/ banyak sambungan
kabel yang mengarah pada sebuah switchboard. Itulah sebabnya mengapa ada
istilah "branch" dalam kepanjangan PABX, karena "branch"
atau cabang ini mengacu kepada banyaknya sambungan yang dihubungkan ke PABX. Alat
PABX merupakan teknologi yang canggih karena dapat digunakan sebagai telepon,
modem dan mesin fax, serta bisa digunakan sebagai alat komunikasi internal
karyawan di kantor.
c. IP
PBX
IP
PBX adalah sistem telepon yang lengkap yang menyediakan panggilan telepon melalui jaringan data IP. Semua
percakapan akan dikirim sebagai paket data
melalui jaringan. Teknologi ini mencakup fitur-fitur komunikasi canggih, tetapi juga memberikan keleluasaan dalam
pengembangan (expansi) dan keawetan
yang diinginkan semua perusahaan.
Perusahaan
tidak perlu mengganggu/mengubah infrastruktur komunikasi eksternal yang ada: Sebuah IP PBX dapat
terhubung ke jalur PSTN tradisional melalui
gateway VOIP – sehingga perusahaan dapat tetap menggunakan nomor telepon reguler
0 komentar:
Posting Komentar